Unicorn-unicorn

What’s Unicorn?

Banyak TemAndroid yang pasti sudah tidak asing lagi nih dengan istilah startup unicorn, atau jangan-jangan masih ada yang gatau nih apa sih startup unicorn?

Well, dilansir oleh teknologi.id Unicorn adalah sebutan bagi start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dollar AS atau setara Rp 13,5 triliun (kurs Rp 13.500 per dollar AS).Ya, Di Indonesia setidaknya saat ini sudah terdapat 4 unicorn. Gojek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia. Jumlah unicorn Indonesia tersebut termasuk banyak dibanding negara-negara di Asia Tenggara loh. Jadi, startup unicorn adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki valuasi nilai mencapai 1 milliar dolar dan memiliki produk yang berguna sehingga dapat membantu banyak orang. Coba deh ngaku, TemAndroid disini siapa yang gapernah menggunakan aplikasi startup unicorn seperti Go-jek, Traveloka, Bukalapak, atau Tokopedia? Pasti dari kalian semua pernah kan? atau bahkan sering menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ya kan.

Kita intip yuk aset-aset start-up unicorn mulai dari posisi yang terbawah sampai teratas.

  1. Yang pertama dengan aset sebesar 200 juta dollar dipegang oleh Achmad Zaky yakni founder dari Bukalapak. Siapa yang ga tau startup unicorn yang satu ini? Kita pasti pernah memanfaatkan aplikasi ini untuk membeli atau menjual barang, bahkan banyak pedagang konvensional sekarang beralih dagangannya menjadi online dengan memilih berjualan di bukalapak. Investor Bukalapak sendiri adalah Ant Financial dari China, Mirae Asset dan Naver Asia dari Korea Selatan, GIC dari Singapura, dan Emtek Grup dari Indonesia.
  2. Siapa TemAndroid yang suka liburan dan gamau ribet pesen hotel atau transportasinya? Nah, ini dia startup unicorn kedua yang memiliki aset sebesar 500 juta dollar, yup! apa lagi kalo bukan Traveloka? Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang adalah para pendiri startup ini. Investor Tokopedia tercatat mulai dari Alibaba Group dari China, Softbank Grup dari Jepang, dan Sequoia Capital dari India.
  3. Yang ketiga diduduki oleh startup yang memiliki logo bergambar burung di tas belanja? Ayoo TemAndroid pasti sudah bisa nebak deh. Yup! Ialah Tokopedia yang merupakan startup unicorn yang memiliki aset sebesar 2,4 milliar US dolar. Banyak yaaa, coba bayangin kalo TemAndroid memiliki aset sebesar itu, mau diapain aja tuh? Pastinya harus digunakan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan negara ya. Investor Tokopedia tercatat mulai dari Alibaba Group dari China, Softbank Grup dari Jepang, dan Sequoia Capital dari India.
  4. Ada yang tau siapa yang di urutan pertama pemegang aset terbesar startup unicorn ini? Dan berapa sih aset startup unicorn yang dimiliki perusahaan ini? This is it!

Go to the Jek! alias GO-JEK. Nah kalo ini nih, admin sering banget menggunakan aplikasi ini bahkan udah jadi kebutuhan banget lah, start-up ini yang membuat transportasi online lainnya bermunculan, tapi GO-JEK selalu memiliki inovasi yang semakin dicintai oleh penggemarnya. Aset keseluruhan startup unicorn ini sebesar 3,5 miliar US dolar. Beeuuhhhh, banyak banget ya? Kalo dibikin kontrakan bisa berapa pintu itu? Ehehehhe. Nah, GO-JEK yang didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010 ini memiliki investor asing dinataranya adalah Tencent Holdings, JD.com, New World Strategic Invesment dari China, Google dari AS, Temasek Holdings dan Hera Capital dari Singapura, dan Astra International dan GDP Ventures dari Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *